0

Penjelasan Atau Perbedaan 32 Bit Dengan 64 Bit

Minggu, 22 Maret 2015
Share this Article on :
Assalamualaikum wr.wb, malam sobat para engunjung setia blog ini :v . malem ini gw mau ngasih ilmu sedikit ke kalian nih (ilmu hasil nanya nanya di mbah gugle :v) tentang apa sih 64 bit dan 32 bit atau perbedaan 64 bit dan 32 bit pada sistem operasi atau pada windows . yuk dari pada pada penasaran gak karuan simak artikel berikut . cekidut bro :v





Istilah 32-bit dan 64-bit sebenarnya mengacu pada kemampuan CPU atau Processor Komputer dalam meng-handle bit-bit informasi. 
Dalam sebuah Processor, terdapat sebuah tempat penyimpanan data sementara yang disebut sebagai Register yang berguna untuk mempercepat proses eksekusi suatu informasi. Bit penunjukan mengacu pada lebar register, sehingga 64-bit register dapat menyimpan lebih banyak data dari register 32-bit. Prosesor 32-bit hanya dapat memproses 32 digit sekaligus. Besarnya lebar Register ini sangat berpengaruh terutama dalam hal pemanfaatan memori (RAM). Sebuah CPU dengan register 32-bit, memiliki 2 pangkat 32 alamat dalam register-nya sehingga dengan demikian memori yang dapat diakses terbatas hanya sampai 4GB RAM saja. Secara teori CPU 64-bit dapat bekerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta GB, selain itu juga mampu menangani tugas hingga dua kali lebih cepat.

Lantas apa hubungannya antara arsitektur Processor 32-bit dan 64-bit dengan sistem operasi yang kita digunakan? 
Untuk memaksimalkan kinerja komputer, tentu saja kita harus menyesuaikan anatara versi operating sistem dengan jenis Processornya. Misalnya apabila Processor kita sudah 64-bit maka sebaiknya ketika menginstal sistem operasi kita pilih yang versi 64-bit. Mulai dari sistem operasi Windows XP, sudah terdapat versi 64-bitnya. Yang harus kita ketahui, bahwa kita bisa menginstal sistem operasi 32 bit pada Processor 64-bit tetapi tidak sebaliknya, kita tidak bisa menginstal sistem operasi 64-bit pada komputer dengan Processor 32-bit.

oh iya sobat bisa cek bit yang sobat gunakan dengan cara melihat informasi pada system properties . cara nya gampang banget bro bagi yang blm tau nih gw kasih tau cara nya . cekidut sob :v
  • Pertama sobat klik start menu
  • terus sobat klik kanan pada my komputer
  • pilih properties
  • nah ntar bakal muncul dah tuh di situ . liat di bagian system type itu adalah bit yg sobat gunakan
sekian dulu ya postingan dari gw malem ini . thanks udah mau berkunjung ke blog yang acak acakan ini
semoga bermanfaat sob dan selamat beristirahat :)

Sumber Link : Click Here


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar